6 Contoh Teks Tour Guide di Dalam Bus (Inggris & Indonesia)

Contoh Teks Tour Guide di Dalam Bus – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai destinasi wisata. Hal tersebut justru dijadikan salah satu peluang bisnis dengan cara menyediakan jasa tour bagi para wisatawan.

Dalam sebuah tour nantinya kamu akan menjumpai seorang tour guide atau bisa disebut pemandu wisata. Jasa inilah yang membantu memandu kalian saat sedang mengunjungi destinasi wisata agar berjalan lancar.

Walaupun profesi ini terlihat menyenangkan, namun cara menjadi tour guide tidaklah mudah. Salah satu tugas tour guide yang wajib dilakukan yaitu membacakan naskah berisi informasi singkat mengenai perjalanan wisata saat di dalam bus.

Biasanya tour guide akan membacakan teks ketika keberangkatan untuk menyambut para wisatawan. Saat ini ada banyak sekali contoh teks tour guide entah itu menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Nah jika sedang mencari inspirasi membuat teks tour guide, kamu bisa simak contoh-contoh dibawah.

Contoh Teks Tour Guide di Dalam Bus Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia menjadi bahasa umum sering digunakan tour guide saat membaca teks naskah. Penggunaan Bahasa Indonesia dipakai pada saat memandu wisatawan lokal dalam negeri. Dengan begitu para penumpang bisa memahami isi teks tour guide dengan mudah saat di dalam bus. Dibawah ada beberapa contoh teks tour guide saat di dalam bus menggunakan Bahasa Indonesia.

1. Teks Tour Guide Kunjungan Keraton Yogyakarta

Selamat pagi para peserta tour Jeron Beteng yang kami hormati dan selamat datang di Yogyakarta. Semoga semua dalam keadaan sehat untuk dapat menikmati perjalanan wisata kali ini. Sebelumnya perkenalkan nama saya Dimas Pamungkas akan memandu selama perjalanan wisata.

Kami ingatkan untuk memeriksa kembali perlengkapan bekal dalam perjalanan tour. Jika dirasa semua sudah siap, kita bisa langsung masuk dalam bus dan memulai kunjungan hari ini.

Tujuan destinasi wisata pertama adalah Keraton Yogyakarta; saya akan menjelaskan sedikit sejarah mengenai tempat ini. Keraton Yogyakarta atau bisa disebut Keraton Ngayogyakarka Hadiningrat merupakan istana kediaman resmi dipakai oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Istana tersebut dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I setelah terjadinya perpecahan Kerajaan Mataram Islam yang tertulis dalam Perjanjian Giyanti.

Nanti kita melakukan kunjungan ke dalam kompleks Keraton Yogyakarta agar bisa melihat dari dekat peninggalan sejarah tersebut. Mengingat kita akan berkunjung ke tempat bersejarah yang disakralkan oleh masyarakat, kami himbau untuk para peserta agar dapat mengenakan pakaian sopan.

Setelah itu kita dapat menikmati sajian khas Gudeg Jogja berada di sisi timur kompleks keraton. Karena kunjungan ke Jogja kurang jika tidak mencicipi langsung kuliner satu ini. Kami harap para anggota bisa menikmati sajian ini.

Sekarang kita sudah kembali ke hotel, saya berharap perjalanan tadi memberikan pengalaman serta kesan menarik. Saya Dimas Pamungkas mewakili rekan-rekan Budaya Tour mengucapkan terimakasih semoga kita kembali bertemu pada kunjungan berikutnya.

2. Teks Tour Guide 2 Hari Perjalanan

Selamat pagi para anggota tour, perkenalkan nama saya Dimas Pamungkas akan menjadi pemandu wisata anda untuk menikmati keindahan Yogyakarta. Sebelumnya terimakasih sudah mempercayai Mahakarya sebagai agen perjalanan anda. Saya akan jelaskan jadwal perjalanan pada tour kali ini.

Pada pukul 10.00 kita memulai tour, jadi anda masih mempunyai sisa waktu 3 jam untuk makan pagi serta menyiapkan segala keperluan selama perjalanan nanti. Tujuan awal tour adalah Keraton Yogyakarta. Nantinya anda dapat mengeksplorasi 4 area di Keraton Yogyakarta, yaitu Museum Sri Hamengku Buwono IX, Museum Kristal, Museum Batik, serta Museum Lukisan. Di sinilah tempat dimana anda dapat mempelajari benda-benda peninggalan milik Sri Hamengku Buwono IX.

Pada hari berikutnya kita melakukan kunjungan ke salah satu tempat belanja di Yogyakarta paling populer yaitu Malioboro. Kami memberikan waktu selama 2 jam untuk anda bisa berkeliling sembari membeli berapa barang sebagai oleh-oleh seperti batik, tas, dan aksesoris lain. Selain itu anda juga bisa mencicipi beberapa makanan lokal disana.

Itulah jadwal perjalanan tour kita selama 2 hari di Yogyakarta. Saya berada disini lagi nanti pada pukul 10.00. Silahkan anda bersiap dan selamat menikmati perjalanan.

3. Teks Tour Guide Dalam Bus Pemula

Selamat pagi bapak/ibu sekalian dan selamat datang di kota Yogyakarta. Semoga anda selalu dalam kondisi sehat dan prima untuk bisa menikmati perjalanan bersama kamu mengelilingi kota Yogyakarta.

Sebelumnya perkenalkan nama saya Dimas Pamungkas akan memandu tour anda hari ini. Silahkan periksa kembali perlengkapan yang akan dibawa selama tour sebelum meninggalkan hotel. Jika semua semua barang sudah lengkap silahkan menuju bus.

Tujuan awal tour yaitu Taman Safari Yogyakarta. Izinkan saja menceritakan sedikit asal usul tempat ini. Taman Safari sebenarnya masih menjadi bagian Keraton Yogyakarta meskipun berada di lokasi berbeda. Nantinya kita juga melihat area pemandian yang dulu dipakai para selir raja. Kami memberi waktu untuk bisa mengeksplorasi hingga pukul 11.00.

Tujuan berikutnya yaitu Keraton Yogyakarta. Sedikit informasi mengenai tempat ini, Keraton Yogyakarta merupakan istana Sri Sultan Hamengku Buwono dibuat pada tahun 1755. Komplek keraton menyimpan banyak peninggalan sejarah hingga kini menjadi bukti perjuangan kesultanan Yogyakarta. Himbauan kepada semua agar bisa berperilaku sopan karena di sakralkan oleh masyarakat setempat.

Sekarang kita sudah kembali di hotel dan saya berharap perjalanan tadi bisa berkesan memberikan pengalaman baru bagi anda. Saya Dimas Pamungkas mengucapkan terimakasih karena sudah mempercayai kamu untuk memandu tour dan semoga bertemu kembali di perjalanan selanjutnya.

Contoh Teks Tour Guide di Dalam Bus Bahasa Inggris

Selanjutnya kami juga memberikan beberapa contoh teks tour guide menggunakan bahasa Inggris saat di dalam bus. Teks bahasa Inggris dapat digunakan saat melakukan tour bersama turis atau pendatang dari luar negeri. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, jadi kemungkinan para turis bisa memahaminya dengan mudah. Berikut contoh teks tour guide bahasa Inggris dan artinya saat di dalam bus.

1. Contoh Teks Tour Guide Tempat Sejarah

Good morning and welcome to North Sumatra to be precise in Medan. Hopefully always in good health so you can enjoy the journey. First of all it’s best to adjust your clock because we are already in a different time area. Please change it to 08.00 am.

Artinya: “Selamat pagi dan selamat datangi di Sumatra Utara tepatnya di Medan. Semoga selalu dalam keadaan sehat agar dapat menikmati perjalanan. Pertama-tama sebaiknya sesuaikan jam anda karena kita sudah berada di area waktu yang berbeda. Silahkan ubah menjadi pukul 08.00 pagi.”

Let me introduce myself first. My name is Dimas pangestu, in charge of guiding your holiday trip accompanied by a driver named Pak Agus. Don’t hesitate to ask for help, because we will be ready to help you any time during today’s tour.

Artinya: “Izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Dimas pangestu bertugas memandu perjalanan liburan anda ditemani dengan sang supir bernama Pak Agus. Jangan ragu untuk meminta pertolongan, karena kami akan siap membantu anda kapan pun selama tour hari ini.”

The tour will start by visiting Medan City Hall on Jalan Balai Kota as the first destination. Information at a glance that the City Hall is one of the oldest buildings in Medan which was built in 1908. Formerly the building was used by a Major in Medan named Baron Marclay. This building has an interesting architecture that you can enjoy.

Artinya: “Tour akan dimulai dengan mengunjungi Medan City Hall di Jalan Balai Kota sebagai tujuan pertama. Sekilas info bahwa Balai kota tersebut merupakan salah satu bangunan tertua di Medan yang dibangun pada tahun 1908. Dulunya bangunan digunakan oleh seorang Mayor di Medan bernama Baron Marclay. Bangunan ini mempunyai arsitektur menarik yang bisa anda nikmati.”

Then we will continue our journey to a hotel called Dharma Deli. Formerly this hotel was known as de Boer. You can see a variety of unique accessories in Hotel de Boer.

“Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan menuju hotel bernama Dharma Deli. Dulunya hotel ini dikenal dengan nama de Boer. Anda dapat melihat beragam aksesoris unik yang ada di Hotel de Boer.”

Dharma Hotel is also the last tourist destination today. For the next activity, we will take you to the hotel so you can rest. We will continue the tour the next day and stay healthy. I hope you all can rest and sleep well.

“Hotel Dharma juga menjadi tujuan destinasi wisata terakhir hari ini. Untuk kegiatan selanjutnya kami akan mengantar anda menuju hotel agar bisa istirahat. Tour akan kita lanjut di keesokan hari dan tetap jaga kesehatan. Saya berharap anda semua bisa beristirahat dan tidur dengan nyenyak.”

2. Contoh Teks Tour Guide Bali

Welcome everyone to Bali!

Artinya: “Selamat datang semuanya di Bali!”

My name is Dimas Pamungkas and I am here to guide you all. Previously I would like to thank you for choosing your agency to help guide and enjoy your vacation. We hope you can enjoy your visit while in Bali.

Artinya: “Nama saya Dimas Pamungkas dan keberadaan saya disini untuk memandu anda semua. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih karena sudah memilih agensi kamu untuk membantu memandu dan menikmati liburan anda. Kami harap anda bisa menikmati kunjungan selama di Bali.”

The first tourist destination we will visit is Ubud Village. Ubud is a village that has beauty and is surrounded by beautiful scenery. Upon arrival, we will be greeted with a dance performance depicting a story about the war between good and evil.

Artinya: “Destinasi wisata pertama yang akan kita datangi adalah Desa Ubud. Ubud merupakan sebuah desa yang memiliki keindahan serta dikelilingi dengan pemandangan cantik. Setibanya disana kita akan disambut dengan penampilan tarian yang menggambarkan kisah tentang perang antara kebaikan dan kejahatan.”

At this time we have arrived at Ubud Village. Please get off the bus alternately to enjoy the beautiful scenery. We hope you can get back on the bus after the dance performance is over.

Artinya: “Saat ini kita sudah sampai di Desa Ubud. Silahkan turun dari bus secara pergantian untuk menikmati pemandangan yang indah. Kami harap anda bisa kembali ke dalam bus setelah pentas tari selesai.”

We will still have fun in the next place, Celuk Village. Arriving there you can meet and see the local silversmith in the village. In addition there are various crafts made of silver and gold.

Artinya: “Kita masih akan bersenang-senang di tempat selanjutnya yaitu Desa Celuk. Sesampainya disana anda bisa bertemu dan melihat langsung pandai perak lokal di desa tersebut. Selain itu ada berbagai kerajinan yang dibuat dari perak dan emas.”

The next tour destination is named Kimtamani. But before that, we will invite you to visit Tirta Empul Temple. This tour is a hot bath that is used by local people to purify themselves and rid their bodies of negativity.

Artinya: “Tujuan tour berikutnya yaitu bernama Kimtamani. Namun sebelumnya kami akan mengajak anda untuk mengunjungi Pura Tirta Empul. Wisata ini merupakan sebuah pemandian panas yang biasa digunakan masyarakat lokal untuk menyucikan diri serta membersihkan badan dari hal negatif.”

This is the end of our tour today. Now we will take you back to the hotel to rest. Get enough rest tonight so you can stay fit the next day for the next tour.

Artinya: “Inilah akhir dari tour kita hari ini. Sekarang kami akan mengantar anda kembali ke hotel untuk beristirahat. Istirahatlah yang cukup malam ini agar bisa tetap fit di keesokan hari untuk tour berikutnya.”

3. Contoh Teks Tour Guide Singkat

Welcome to Lombok and allow me to introduce myself. I am Dimas Pamungkas, who is in charge of guiding all of you while on vacation in Lombok. We hope that all of you are always in good health so that you can enjoy this trip.

Artinya: “Selamat datang di Lombok dan izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Saya Dimas Pamungkas yang bertugas memandu anda semua selama berlibur di Lombok. Semoga bapak dan ibu semua selalu dalam kondisi sehat agar dapat menikmati perjalanan ini.”

The initial destination of the tour this time is Kuta Beach. Kuta beach is one of the natural attractions with a different beauty panorama when in Bali. This beach also has big waves making it suitable for surfing and as a photo spot. Arriving there, we will start our activities by going around by boat and having lunch at a nearby restaurant. After that we will give you 30 minutes of free time before getting back on the bus.

Artinya: “Tujuan awal tour yaitu Pantai Kuta. Pantai kuta merupakan salah satu wisata alam dengan panorama keindahan yang berbeda saat di Bali. Pantai ini juga mempunyai ombak yang besar sehingga cocok untuk berselancar dan dijadikan spot foto. Sesampainya disana kita akan mengawali kegiatan dengan berkeliling menggunakan perahu serta makan siang di rumah makan terdekat. Setelah itu kami akan memberi waktu bebas selama 30 menit sebelum kembali ke dalam bus.”

Next we will visit the Narmada Park destination. Formerly this park was the home of Agung Ngurah Karang Asem’s son who was the King of Mataram Lombok in the 18th century. Apart from that, there is also the Balai Petirtaan pond which has now turned into an orchard. Local people also use this place for rituals every November to December. So we ask that you wear neat clothes and be polite

Artinya: “Selanjutnya kita akan mengunjungi destinasi Taman Narmada. Dulunya taman ini adalah sebuah rumah dari anak Agung Ngurah Karang Asem yang merupakan Raja Mataram Lombok pada abad ke-18. Selain itu ada juga kolam Balai Petirtaan yang kini sudah berubah jadi kebun buah. Masyarakat lokal juga biasa menggunakan untuk ritual setiap bulan November hingga Desember. Jadi kami minta agar bisa menggunakan pakaian yang rapi dan bersikap sopan.”

Today’s tour is over and now we are on our way to the hotel to rest. Make sure your body gets enough rest to continue the tour the next day. See you the next day and have a good rest.

Artinya: “Tour hari ini sudah selesai dan sekarang kita sedang dalam perjalanan menuju hotel untuk beristirahat. Pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup untuk melanjutkan tour di keesokan hari. Sampai jumpa di hari berikutnya dan selamat beristirahat.”

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh teks tour guide ketika di dalam bus dapat kalian ikuti. Untuk tujuan destinasi wisata bisa diubah sesuai tujuan kamu pada saat itu. Pada bagian informasi setiap tempat wisata bisa kamu jelaskan mengenai sejarah atau ciri khas dari lokasi tersebut. Contoh teks guide sebenarnya bisa dibacakan ketika saat akan ke dalam bus, namun terkadang suara kita tidak bisa didengar secara jelas. Mungkin hanya itu informasi dapat biayahargain.id sampaikan mengenai contoh teks guide dan semoga bermanfaat.